#TabTeknologi - Daftar isi merupakan salah satu hal terpenting dalam pembuatan dokumen penting seperti makalah, skripsi, laporan, buku, dan lain sebagainya. Daftar isi membantu pembaca agar lebih mudah menemukan dengan cepat halaman terkait hal tertentu. Membuat daftar isi merupakan hal yang tidak mudah dikarenakan harus memastikan judul ini berada di halaman berapa. Namun begitu Microsoft word yang merupakan salah satu aplikasi pembuat dokumen sudah menyediakan fitur Daftar Isi Otomatis yang dapat mempermudah dalam pembuatan daftar isi. Berikut langkah-langkahnya:
1. Buatlah dokumen word
- Buatlah dokumen word seperti biasa
2. Buat Format Gaya Teks
- Buatlah beberapa gaya teks sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara pilih tab Home - Lalu Style - Create New Style
- Berinama S1 lalu klik modify
3. Atur kalimat yang akan dimasukkan ke Daftar Isi
- Atur kalimat yang akan dijadikan header 1. Blok kalimatnya lalu klik gaya teks S1 tadi yang telah dibuat
- Atur kalimat yang akan dijadikan header 2. Blok kalimatnya lalu klik gaya teks S2 tadi yang telah dibuat
4. Buat Daftar Isi Otomatis
- Lalu buka halaman baru yang akan dijadikan halaman daftar isi. Klik Menu References - pilih Table of contens - pilih format yang ada sesuai kebutuhan.
- Lalu akan muncul seperti ini
Itulah tadi #sobatTAB cara mudah untuk membuat daftar isi otomatis. Ada Beberapa langkah membuat daftar isi otomatis . Namun cara ini kami anggap yang paling mudah. Pembaca bisa mengembangkan secara mandiri dari template dan gaya teks yang akan di pilih.